29 Maret 2010

Wisata Ke Pulau Untung Jawa

Berwisata tidak harus mencari tempat yang mahal ataupun jauh.  Didekat Tangerang ada sebuah lokasi wisata alam yang sangat menarik. Dan yang pasti murah meriah. Hari minggu tanggal 28 Maret 2010 au putuskan untuk wisata alam bersama honey ku, sekalian melepaskan kepenatan sehari hari. Tujuan lainnya untuk mengenalkan kepada honey akan wisata alam yang ternyata sangat menarik dibandingkan jalan jalan di mall saja.
Pulau untung jawa kalau kita lihat di peta berada di sebelah barat Teluk Jakarta dan masuk pada gugusan kepulauan Seribu.  Pulau ini adalah pulau kecil dan berpenduduk. Banyak pilihan wisata yang bisa kita dapatkan disana. Pantainya yang indah dan bersih mengingatkan akan sebuah pantai di Bali sana. Yang jelas kondisi pantai Di Pulau Untung Jawa  sangat jauh berbeda dengan pantai Tanjung Pasir yang sekarang telah banyak sampah, kotor dan tidak jernih. Jika anda ingin keliling pulau, disana juga tersedia layanan penyewaan sepeda, dengan tarif Rp.5000,- per jam. Awalnya aku ingin ajak honeyku keliling pulau memakai sepeda ini, namun terlalu sempitnya waktu dan banyaknya pilihan objek yang harus aku kenalkan.

Pantai Di Pulau Untung Jawa


Lokasi yang menarik juga adalah menyusuri hutan mangroove. Hutan ini sudah sangat terpelihara dibandingkan sekian tahun yang lalu ketika aku mengunjungi pulau ini. Memang sudah sangat pesat kemajuannya. Di hutan Mangroove ini jalnnya sudah di buat dengan semcam cor beton sehingga nyaman untuk di jelajahi.

Hutan Mangroove, wow hijaunya.....

Yang hobby berenang di pinggir pantai, kita dapat sewa ban dengan tarif yang cukup terjangkau. Kita dapat mengexplore pantai dengan mandi air laut yang ombaknya tidak terlalu besar.
Penyewaan Ban, Yuuk berenang.....



Kalau pas beruntung kita dapat menyaksikan pagelaran kesenian nelayan, yang kebetulan waktu minggu kemarin diadakan. Lokasinya dekat pintu masuk Pulau Untung Jawa. Sekalian kalau mau sewa sepeda berada satu lokasi dengan gedung terbuka ini. Mantap bukan?
Pagelaran Kesenian                                Sewa sepeda, murah meriah euy....


Nah, yang ingin menginap disinipun sekarang sudah tersedia homestay yang cukup terjangkau harganya. Dengan mengeluarkan Rp.150.000,- kita sudah bisa menginap di homestay untuk 5 orang bahkan lebih. Dengan harga tersebut fasilitas yang didapatkan kamar non AC. Jika ingin yang ber AC anda cukup mengeluarkan Rp.250.000,- saja. Murah meriah bukan? Jangan khawatir, kamar tersebut bisa kok di isi hingga 10 orang tapi ya tidurnya tanpa bed.

Homestay murah meriah....

Ingin membawa oleh oleh semacam cindera mata? tenang saja, disini sudah ada outlet outlet sepanjang jalan menuju pintu masuk. Kita bisa mendapatkan untaian kalung yang tersusun dari kulit kerang, kaos wisata Pulau Untung Jawa dan kerajinan tangan lainnya.

Yuk belanja cindera mata....

Cukup menarik bukan, Nah untuk mencapai lokasi ini kami berangkat dari tangerang menggunakan sepeda motor berboncengan menuju ke arah Pantai Tanjung Pasir. Perjalanan santai dapat di tempuh sekitar 1.5 jam. Kita bisa melewati arah bandara terus sampai di Kampung Melayu ambil kearah Tanjung Pasir. Jangan kuatir kesasar karena selama perjalanan sudah dilengkapi dengan arah penunjuk jalan disetiap persimpangan. Sampai di Tanjung pasir kita dapat menitipkan kendaraan di lokasi parkir. Tarif untuk sepeda motor Rp.10.000 plus orangnya. Untuk yang memakai helm mahal, sebaiknya di titipkan di penitipan saja daripada helm ditukar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tips ini aku dapatkan dari salah satu penjaga parkir. Dari sana jangan heran kalau tiba tiba banyak yang menawarkan penyebrangan ke Pulau Untung Jawa. Tarif rata rata Rp.20.000 Per orang bolak balik. Bayarnya ketika pulang saja. Pilih perahu boat yang sudah mulau penuh agar anda tidak mabuk terkena goyangan ombak menunggu boat jalan. Hal ini terjadi di honeyku, mabuk laut... maaf ya honey..
Perjalanan dari Tanjung Pasir ke Untung Jawa sekitar 20 menitan, tidak lama. Nah, yang perlu diingat adalah jadwal penjemputan perahu ada 2 kali, yaitu jam 15.00 dan jam 17.00 wib. Ingat jangan sampai terlambat kalau tidak ingin di tinggal. 
Asyik bukan, ajak orang orang yang anda sayangi untuk berwisata alam agar membentuk kebersamaan yang erat. Hanya satu hal yang membuat agak jengah dan kurang pas adalah adanya anak anak muda yang berpacaran dengan fulgar, di tempat umum seperti itu. Sepertinya menjadi salah satu dampak yang kurang baik buat pengunjung yang masih di bawah umur.
Demikian sekilas wisata alam kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda isi komentar anda, terima kasih :