27 Maret 2010

Membuat Nasi Goreng Plus Es Teh Manis

Ternyata hobby kuliner sangat mengasyikan juga. Malam ini entah kenapa saya lapar sekali. Pingin cari makan keluar kok rasanya malas, bukan apa apa, lagi banyak penghematan sana sini untuk mendapatkan sesuatu yang sedang say perjuangkan saat ini. Nanti kalau sudah tercapai akan saya share dengan kawan kawan disini. Akhirnya saya putuskan untuk membuat nasi goreng kesuakaanku yang rasanya dahsyat sekali, setidaknya menurku. Buka kulkas, bahan bahan yang kuperlukan ada semua, cek magic jar ternyata masih ada nasi. Wah, mantap sekali. 
Membuat nasi goreng ini sangatlah mudah dan murah, karena setelah kukalkulasi biayanya tidak sampai Rp.7000,- seperti kalau kita beli nasi goreng diluar sana. Bahkan biaya bisa dikatakan Zero, nol.... (ya jelas, wong bahan bahannya dah tersedia di kulkas).
Mari sekarang kita mulai memasak, dimulai dengan bahan bahan yang harus dipersiapkan :
  • Bumbu bumbu
          
           Bumbunya sangat mudah, Cabe 17 Potong. Boleh cabe rawit atau yang ijo. Nah, disinilah rahasianya 
           untuk membuat bumbu lebih pedas, usahakan cabenya harus berjumlah ganjil. Bisa 7, 11, 17 atau 
           berapapun yang penting ganjil. Satu siung bawang putih, potong melintang agar aromanya keluar.
          Garam secukupnya, jangan terlalu banyak nanti asin. Setelah itu uleg semua bumbu sampai halus lalu
           sisihkan.
  • Bahan Bahan
          Sekarang kita siapkan bahan bahannya. Ambil daun kol lalu potong tipis, daun sawi secukupnya
          dipotong secukupnya. Bakso 2 buah, potong menjadi 4 bagian. Setelah itu sisihkan. Jangan lupa telur
          ayam di aduk yang nantinya akan kita goreng. Siapkan pula nasi secukupnya. Kira kira saja karena  
          kita akan membuat untuk satu porsi saja.
  • Cara memasak
           Panaskan minyak goreng secukupnya, setelah agak panas masukan adonan telur kemudian di orak arik sampai menguning. Setelah itu bahan bahan yang sudah kita potong potong tadi masukan ke wajan dan di aduk aduk sampai agak layu. Ingat api jangan terlalu besar pada proses ini agar bahan bahan tadi tidak terlalu gosong dan kandungan vitaminnya masih ada. Setelah agak layu, masukan kecap secukupnya. Disinilah rahasianya, jika api terlalu besar maka pada saat di masukan kecap, maka kecap bisa gosong dan membuat nasi goreng baunya kurang harum. Aduk aduk sampai rata lalu masukan nasi putih. Aduk sebentar kemudian masukan bumbu bumbu yang sudah kita uleg sampai halus tadi, dan aduk rata sampai nasi sedikit matang. 
          Kalau anda suka dengan penyedap rasa, tambahkan secukupnya, jika tidak anda bisa menggantikan dengan gula pasir. Ini akan membuat efek gurih di lidah dan menyehatkan. Tambahkan pula garam secukupnya untuk menambah rasa asin sedikit, ingat jangan banyak banyak. Kalau perlu rasakan dulu.
Proses terakhir, berikan lagi kecap secukupnya aduk merata. 
         Akhirnya nasi goreng sudah jadi, dan siap kita santap dengan rasa dan hati yang gembira. Oh ya biar lebih lengkap, kita siapkan minumnya es teh manis. Bikin saja sendiri, bahannya pasti sudah ada di dapur. Aku yakin anda sudah tahu bagaimana membuat es teh manis sehingga tidak perlu saya buat tutorialnya lagi, ya kan? Nah ini es teh manis yang sudahku buat.
Sampai disini cara membuat nasi goreng plus es teh manis ala aku. Anda pasti menanyakan bagaimana rasanya. Rasanya yang jelas sangat dahsyat, mak nyuss tenan. Gurih, pedas bercampur menjadi satu. Ada rasa krispi krispinya sedikit karena kita berikan sayuran yang di goreng sebentar. Anda jangan kaget kalau tiba tiba di lidah muncul rasa bakso bercampur dengan telur yang bersatu padu dengan bumbu yang kudapatkan turun temurun dari orang tuaku. Bahkan ceritannya bumbu ini sudah berabad abad tersimpan dengan rapi oleh simbok tanpa seorangpun tahu. Dan anda harusnya merasa beruntung karena bisa mengetahui rahasia dibalik nasi goreng ini. Sampai jumpa lagi di wisata kuliner buatan sendiri, salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda isi komentar anda, terima kasih :