25 Maret 2010

Membuat Lensa Makro Kamera Saku

Mempunyai hobby fotografi memang mahal. Lalu bagaimana dengan kantong yang pas pasann seperti saya untuk mengakalinya, sementara aliran makro sedang saya dalami saat ini. apalagi  hanya bermodalkan kamera saku. Tapi ini bukan menjadi halangan saya untuk berkreasi. Membeli Lensa baru bukanlah pilihan yang bijak, apalagi dengan kamera pocket ini saya harus membeli kamera sekelas Canon 1000D.
Oke langsung saja kita buat lensa makro untuk kamera saku Canon PS-480S.





 Ini Bahan Bahannya....



                                          Berikan Lem Epoxy disekelilingnya agar merekat kuat





bahan bahan
1. Pralon diameter 2 inchi panjang 10 cm untuk badan tabung
2. kaca pembesar 5 mm, beli di gramedia
3. lem epoxy
4. glue gan
5. gergaji besi
6. amplas halus
7. kamera digital a480s
8. lap
9. cairan pembersih kaca film

langkah:
potong pralon diameter 2 inchi dengan panjang sekitar 10 cm. bersihkan kedua ujungnya dan haluskan dengan amplas. jika masih ada yang kasar anda bisa menghaluskan ujung2nya dengan pisau cutter yang tajam. setelah halus semuanya, cuci dengan sabun/rinso agar pralon bersih dari kotoran. terutama bagian dalamnya.

                                                    Berikan Glue Gan untuk melindungi dari air

      
bersihkan kaca pembesar dengan cairan pembersih film agar tidak menimbulkan noda kotor terutama yang di bagian dalam tabung. soanya jika kotor dan sudah di rakit maka akan susah untuk membersihkannya.

lepas kaca pembesar dari tangkainya dan lepas pula frame kaca pembesar, ingat frame jangan sampai hilang karena akan kita gunakan kembali buat menutup pinggiran tabung.

letakan dengan mantap kaca pembesar di ujung tabung lalu lemdengan epoxy di bagian sisi sisinya dengan baik dan tunggu hingga kering. jika sudah kering bersihkan dan pasang frame kaca pembesar di ujung tabung. jangan lupa di beri glue gan dahulu agar frame bisa menempel dengan baik dan water proof jika nanti dipergunakan untuk memfoto objek di dalam air (hanya lensanya saja yang masuk kedalam air)



                                                   Dan inilah hasil Akhirnya..............

Kini dengan biaya murah dan dengan bahan bahan yang bisa kita dapatkan disekitar kita, maka kita bisa ber explore aliran makro di dunia fotografi. Untuk anda yang sama sekali belum mengerti apa dan bagaimana dunia fotografi silahkan kunjungi www.fotografer.net

Salam Jepret...

4 komentar:

  1. akan lebih bisa dercaya apabila dilengkaippi dg hasil jepretannya...okey..

    BalasHapus
  2. cara menggunakannya gimana? apa kamera sakunya dimasukan kedalam tabungnya?

    BalasHapus

silahkan anda isi komentar anda, terima kasih :