18 Desember 2009

AGIVA, PROTECT REVOKU

Beberapa hari ini aku main bersama Mr. Bonyok, rekan homebrewer 80 meter band di tangerang ke tempat om urip, YC1YU di bonang. selain silaturahmi ke beliau karena sudah sangat lama tidak menjumpai beliau sejak aku aktif bolak balik tangerang - balikpapan, sekaligus kami ngoprek yaesu FT-102 yang baru beliau dapatkan dari hamfest cibubur tanggal 13 desember 2009 kemarin.
dengan menggunakan motor kami berboncengan ke dasana indah, tangerang. motor om bonyok akhirnya di parkir di garasi, dan ada satu hal yang saya amati dari cara beliau memprotect motornya. motor selain di kunci stang dan disc brake juga di kunci dengan kunci leter u. dan ada satu lagi yang membuat saya kagum (keuletan memprotect motornya), yaitu roda belakang di pasang kunci borgol seperti borgolnya polisi itu :-). wah, luar biasa, walau agak repot namun ada pelajaran yang bisa di ambil yaitu selalu waspada dengan kendaraan kita dimanapun kita parkir. maling selalu mengambil kesempatan kelengahan kita, namun maling biasanya selangkah lebih maju untuk membuka protect motor kita. sehingga tidak ada jenis protect apapun yang paling sakti, kecuali hanya memperlambat gerak maling untuk menggondol motor kita.
nah, dari haisl pengamatan ini saya jadi berpikir. revoku selama ini tidak di pasang protect jenis apapun kecuali kunci diskbrake. namun dari berbagai informasi, ternyata discbrake inipun sangat mudah untuk di bongkar oleh maling dalam waktu yang begitu singkat. akhirnya aku mempunyai keputusan untuk mencari kunci tambahan untuk melindungi revo di perpakiran yang notabene selalu rawan. di ACE HARDWARE lippo karawaci aku dapatkan kunci jenis discbrake dengan harga yang tidak terlalu mahal. awalnya mencari merk masterlock dengan type leter u, namun tidak ada. yang ada justru yang modelnya bulat, namun sayangnya harganya sangat mahal. namun sepertinya tingkat securenya sangat tinggi. pilih sana sini akhirnya mendapatkan kunci yang diinginkan dengan merk cycle-lock.
hari berikutnya aku hunting alarm untuk motor dengan fitur yang aku inginkan seperti, mampu mematikan mesin dari jauh, protect motor dari pemaksaan on engine dan lain lain. awalnya aku ingin merk stealth alarm namun merk ini di toko accesoris motor yang aku datangi tidak punya. yang tersedia merk AGIVA. Nego sana sini harga bisa kudapatkan lebih rendah, Rp.250.000,- plus pasang sekalian. pemasangan nampaknya juga tidak terlalu rumit, hanya masalahnya di revo harus dipasang dengan relay tambahan agar mampu
digunakan start engine dengan remote. yang ini aku belum bisa mendapatkan gam,baranya, system kelistrikan motor benar benar sangat blank buatku. dari dus nya, alat ini diclaim dibuat dengan sistem mikrocomputer (microcontroler?) denga sistem keamanan dari USA.
spesifikasi AGIVA yang kupergunakan :
pada main anti-theft unitnya bekerja dengan supply voltage dc 12 volt dengan toleransi up/down tegangannya 3 volt. adapun daya yang dipergunakan pada beban tetapnya adalah 8.5mA, lumayan kecil dengan harapan aki tidak cepat tekor. pada remote controlernya di bekerja dengan DC 12V dan menggunakan frekuensi kerja 315 Mhz, wah di UHF ya... bisa di hack kali ini jika kita mempunyai transmiter disini.
pada saat pembelian anda akan mendapatkan :
  • 1 unit main unit
  • 2 remote controler dengan warna berbeda, satunya nampaknya untuk backup jika yang utamanya hilang
  • 1 speaker AGIVA yang mampu memberikan suara sirine yang sangat keras, namun pada instalasinya saya memilih untu tidak memasang speaker ini walau sebenarnya ada mode mute pada AGIVA ini. mengapa? alarm anti maling ini mempunyai sensor getaran yang sensitif, sehingga jika motor terkena guncangan sedikit saja maka alarm akan berbunyi. aku tidak ingin membuat keributan di rumah, maklum banyak ponakan yang masih kecil kecil, takut mengagetkan
  • 1 unit kabel jumper dari main unit ke sistem kelistrikan motor
  • 1 unit buku panduan "motorcycle alarm system operation manual".
  • 2 unit double tape untuk menempelkan main unit dan speaker unit, namun pada saat instalasinya ini tidak dipakai karena aku lebih memilih dengan wire tire, lebih luat
pemasangan tidak terlalu lama, namun aku sempat kecewa pada pertanyaanku yang dijawab asal oleh mekaniknya. aku tanya, "apakah pada posisi engine on dan gigi motor masuk, engine bisa dimatikan dari remote?". sebuah pertanyaan yang sebenarnya aku sudah tahu jawabannya.nah, si mekanik bilang tidak bisa. justru kalau bisa berarti unit konslet. lho......??? aneh... he he he.. lha kalau gak bisa lalu buat apa pasang unit ini ke revoku?  sekalian saja aku bilang, berarti unit konslet dong lalu bagaimana tanggung jawabnya? lalu aku ambil remotenya dan aku demokan ke mekaniknya dan ternyata omonganku benar, bahwa engine bisa di matikan dari remote. ho... ho... hoo..... ya iyalah, mekaniknya nylonong kabur begitu saja.
singkatnya setelah aku test sana sini dan unit aku nyatakan oke, maka pulanglah aku dengan hati plong, minimal aku sudah berikhtiar untuk melindungi motorku dari orang orang yang tidak bertanggung jawab.

21 komentar:

  1. usaha yang bagus tu bro usahanya.. wah montir nya sok tau padahal gak tau .. kalo di kaskus mah lempar aja pake bata tu orang.. hehehe.. btw awet gak bro.. ane juga mau pake buat tigi baru ane..

    BalasHapus
  2. iya gan... bikin sebel aja tuch montir.. kalau aku maunya cendol aja gan...
    pengalaman bro, ternyata bikin tekor aki bro.. 2 bulan aku tinggal ke balikpapan, motor dah gak bisa starter... akhirnya nih unit aku uninstall aja... perlu ganti aki dulu gan..

    BalasHapus
  3. wah kebetulan ada yang mau membahas tentang alarm Agiva walau dirasa nggak tuntas pembahasannya emang tuh alarm petunjuknya minim banget nggak kayak E-lock banyak sekali dibahas di internet tapi barangnya dipasaran kagak ada, yang ada cuma Agiva. pengalaman ku tuh pasang alarm Agiva sama mekaniknya bego juga masalahnya ga ada yang bisa ngatur sensor sentuhnya lalu kalau nggak bisa kenapa dijual???.. sekalian teman2 yang baca ini tulisan tahu mengenai alarm agiva terutama pengaturan sensor sentuhnya kasih tahu dong .... trimakasih

    BalasHapus
  4. pandoepratama
    bang..alarm motor agiva ku main unit nya mati total..pdahal batre remote nya udah diganti...kr2 masalah nya dmana?kalo tempat untuk betulin tuh alarm dmana ya?

    BalasHapus
  5. om..ikut nimbrung? iyah si agiva pnya sensor senstif bgt. .ad mtor yg lwt pke knalpot racing eh ni alrm lnsung bunyi..pusing sy jdi nya? klo mode silent set nya gmn yah om...?

    BalasHapus
  6. Tips untuk mengatur sensitive dari alarm (agiva).
    · Langkah pertama
    siapkan peralatan yang di butuhkan (sesuai jenis motor) untuk membuka bodi motor karena alarm pasti di dalam bodi agar tidak terkena air.
    · Langkah kedua
    siapkan obeng plus (cengkeh) dan tang penjepit. Obeng plus(cengkeh) ukuran sedang untuk membuka rumah dari alarm tersebut. Apabila mur (screw) telah terbuka semua maka akan terlihat komponen-komponen dari alarm tersebut. Kita focuskan pada kawat kecil yang berbentuk seperti kumparan. Disitulah sensor getar terpasang apabila kumparan tersebut bergetar sensor getar akan menerima dan di teruskan ke sistem dan kita akan mendapatkan info melalui speaker alarm bahwa motor kita dalam keadaan bahaya (ancaman dari penjahat).
    · Langkah ketiga
    Cukup dengan tang penjepit kumparan kawat kita rapatkan untuk mengurangi sensitive dari alarm tersebut,jangan terlalu rapat karena dapat menghilangkan kesensitifannya , gunakan sesuai keinginan anda. Untuk mengujinya kondisi alarm tertutup dan terpasang seperti semula sampai mendapatkan hasilnya sesuai dengan teman-teman inginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GImana sih caranya..., di jepit pkae tang doang, atau harus di puter2.., kok gak bisa2 ya jadi rapat......
      kasih tau tutorialnya donk lewat video.
      tolong email saya : krypton40@yahoo.com

      Hapus
  7. sayang sekali ga ada tutorial pemasanganya..rada membingungkan nih alarm agiva new BJ-998..dijual dari pabrik tapi pas pemasanganya mekanik pada bingung...huff...
    kalau ada yang tau tolong email saya yah satriyo76@ymail.com...
    udah terlanjur beli dijual lagi males masarinya..
    NB : motor ane Tiger revo

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju gan, ane ampe konslet sikring main ama sub nya, untung kaga mleduk motornya...

      ribeut..

      Hapus
  8. utk silent mode caranya pencet tombol LOCK 2x (alarm bunyi "cuit" sekali lampu sein berkedip 2x)

    BalasHapus
  9. om mau nanya itu ente beli dimana ya ane minat nih? 250 ama pemasangan ga?

    BalasHapus
  10. Tombol alarm (gambar speaker)Tombol ini memiliki 2 fungsi. Pertama berfungsi untuk membunyikan alarm. Ini untuk memudahkan mencari motor apabila di parkir di parkiran yang luas. Tinggal pencet,, cari sumber suara,, ketemu deh motor. Kedua,, tombol ini berfungsi untuk mengatur kepekaan sensor getar. Caranya,, pencet tombol ini sekitar 3 detik. Level 1 di tandai dengan bunyi (cuit) 1 kali. Level 2,, bunyi 2 kali,, begitu seterusnya sampai level 5. Pencet tombol ini 1 kali lagi untuk memilih level yang di inginkan. Level 5 adalah yang paling sensitif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om.. Ini untuk type alarm apa ya..? Soalnya kalo di agiva type bj 998..pas pijit tombol alarm (gambar speaker) sirine lgsg bunyi..stelah 3 detik pun bunyi masih lanjut.. Gmn ya om..?

      Hapus
  11. ikut nimbrung niy..
    sy maw tanya, untuk pemasangan alarm agiva bj 998 di vario 125.. dari main unit alarm ada kabel coklat, biru, pink, abu abu.. itu masing2 sambungin ke kabel mana ya di motornya.. binun niy..
    makasih atas pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa gann... Agiva jg abis ku beLi buat Vario 125 ,urusan kabeL²nya yg bingung ..apakah cocok buat Vario 125 yach ?

      Hapus
    2. ulasan ane gan moga bermanfaat..
      untuk pemasangan alarm merek agiva ada yang harus diketahui,salah satu adalah fungsi/kegunaan masing-masing kabel,
      1.untuk kabel warna coklat adalah positif jika di on'kan dari remot.
      2.untuk kabel warna biru adalah positip jika di on'kan dari remot dan kabel ini di pakai untuk stater.hati-hati dalam pemasangan,salah pasang berakibat kerusakan fatal.
      3.kabel warna pink dan abu-abu adalah kabel yang berubah-ubah fungsinya bisa positip dan bisa negatif dan ini juga pemasangannya harus hati-hati,salah pasang akan merusak unit.
      4.kabel warna kuning sebaiknya tidak usah disambung untuk lebih menghemat aki nape...karna alarm agiva sangat sensitif.untuk mengurangi kesensitifan unit gunakan lem tembak panas secukupnya pada per keong dalam unit.

      Hapus
  12. wrn kuningnya ada 2 bro, yg mana ya, apa dua-dua nya??
    tlg dbantu...

    BalasHapus
  13. mau tanya kalu remotenya hilang trus bisa gak diganti remote laen? ato malah gak bisa di ganti pake remote laen, sblmnya,.Thannx

    BalasHapus
  14. Itu mekaniknya... yang sok tau... tapi kalo yang tau jawabnya g kya gtu... kebetulan ane juga mekanik.. kalo ane nemuin mekanik begitu langsung gw bilang goblok lu....

    BalasHapus
  15. Mau tanya agan" semua, cara silent modenya gimana ya?

    BalasHapus
  16. Mau tanya agan" semua, cara silent modenya gimana ya?

    BalasHapus

silahkan anda isi komentar anda, terima kasih :